Jumat, 25 November 2016

TEMPAT WISATA SPANYOL



1.Plaza Mayor

Plaza Mayor Berkunjung ke kota besar Madrid tentu belum lengkap apabila tidak mendatangi Plaza Mayor yang merupakan sebuah alun-alun yang bentuknya persegi panjang. Tidak usah repot untuk menjangkau tempat ini karena lokasinya ada di pusat kota Madrid sendiri dan jika tidak tahu harus ke arah mana pun, wisatawan bisa dengan mudah bertanya sebab lokasi ini menjadi salah satu alun-alun paling terpopuler di ibukota Spanyol. Wisata bangunan sungguh mengagumkan karena arsitekturnya yang rata-rata mirip satu sama lain dan selalu memiliki 4 tingkat.
Toko dan kafe biasanya menempati lantai pertama, jadi lantai dasar biasanya lebih dimanfaatkan untuk berbisnis. Sementara untuk lantai 2, 3 dan 4, warga lokal menggunakannya sebagai rumah tinggal, hotel dan apartemen. Perayaan berupa Festival San Idiro pun biasanya memakai tempat ini untuk penggelarannya, berikut juga Christmas Market. Jadi, bisa dibilang Plaza Mayor ini bukan alun-alun biasa sebab dianggap sebagai pusat keramaian dengan berbagai macam acara. Wisatawan bisa sekadar jalan-jalan, duduk-duduk, potret-memotret atau berwisata kuliner di kafe-kafe terdekat.

2.Retiro Park

Retiro Park
Berkeliling Madrid tentu akan lebih asyik dengan memasukkan Retiro Park ke dalam  daftar destinasi liburan Anda. Sebagian wisatawan mungkin belum terlalu mengenal taman yang dulunya merupakan sebuah taman istana ini. Obyek wisata ini sangat nyaman dan dapat memberikan ketenangan yang para pengunjung cari untuk menjauh sejenak dari bising dan sibuknya kehidupan kota. Pesona lokasi ini yang paling utama adalah air mancur beserta danaunya yang indah berikut panorama sekitar yang seakan membawa kesejukan yang tidak ada habisnya.
Berlokasi tidak jauh dari Museum Prado, taman ini ada di belakang spot tersebut dan menjadi taman yang selalu dipadati pengunjung. Tidak hanya terkenal dan dipadati wisatawan mancanegara, bahkan penduduk lokal pun akan terlihat berjalan-jalan bersama dengan keluarga maupun sahabat di taman ini, khususnya di hari Minggu sore. Retiro Park adalah sebuah tempat yang dijadikan sebuah pusat pertemuan dan akan selalu ramai sebab tidak hanya para orang dewasa yang senang berkumpul di sana. Banyak anak yang memilih Retiro Park untuk bermain roller skating, bahkan ada juga yang suka bermain petanca dan biasanya hal ini dilakukan oleh laki-laki yang sudah tua.

3.Museo del Prado

Museo del Prado
Lokasi yang juga dikenal dengan nama Prado Museum ini juga menjadi salah satu tempat wisata paling cetar yang ada di Madrid. Dikenal sebagai sebuah bangunan museum seni, gaya bangunan museum ini sarat dengan gaya neo klasik dan hampir sama seperti yang biasa Anda temukan di kebanyakan museum nasional. Museum ini sudah cukup tua karena dibuka pertama kali di tahun 1819. Selain dari gaya arsitekturnya yang mengundang decak kagum, sesampainya di dalam Anda juga akan menyaksikan begitu banyak koleksi yang akan membuat ternganga.
Museo del Prado adalah sebuah museum dengan ribuan koleksi berharga, seperti halnya 8.200 gambar, 4.800 cetakan, 1.000 patung dan 7.600 lukisan, serta masih ada banyak lagi dokumen bersejarah yang tentunya akan memuaskan pengunjung dengan kehausan besar akan segala yang berbau sejarah. Tidak hanya sampai di situ, beberapa karya seni yang dibuat oleh Francisco de Goya, Murillo, El Greco dan Diego Velazquez pun dikoleksi oleh museum ini. Wisatawan yang mencari oleh-oleh bisa menemukan toko souvenir dan toko buku yang masih ada dalam kawasan museum ini. Setelah menonton beragam koleksi dan tiba-tiba menjadi lapar, silakan berkunjung dan mencicipi makanan enak di tempat ini sebab di dalamnya terdapat 2 kafe.
  • Museo del Prado buka setiap hari dengan jam operasional dari jam 10 pagi sampai 8 malam.
  • Pengunjung dikenakan biaya masuk EUR 14 atau sekitar Rp 202 ribu, sementara bila ingin dipandu harus membayar EUR 23 atau sekitar Rp 332 ribu.

4.The Sorolla Museum

The Sorolla Museum
Kepuasan wisatawan yang suka dengan hal-hal bersejarah akan terpuaskan selama di Madrid karena kota besar ini memiliki sejumlah museum yang asyik dikunjungi. Koleksi apa saja yang kiranya dipamerkan di tempat ini? Rupanya ada karya-karya dari seorang artis Joaquin Sorolla-lah yang menjadi koleksi terbaik di tempat ini. Bangunan museum pun sudah bisa ditebak bahwa dulunya digunakan sebagai rumah tinggal sang artis sendiri.
Akhirnya rumahnya pun dialihfungsikan menjadi sebuah museum di mana interionya begitu unik dan menarik. Dinding-dindingnya begitu penuh dengan kanvasnya dan pengunjung pun juga akan menemukan studio besar dan luas dengan penerangan yang baik di dalam museum ini. Sementara ruangan lainnya dijadikan sebagai galeri untuk memajang seluruh lukisan karya Sorolla, dan pada ruang-ruang yang ada di lantai atas justru dimanfaatkan sebagai galeri untuk pameran istimewa.
  • The Sorolla Museum menerima pengunjung dari Selasa hingga Sabtu dari jam setengah 10 pagi sampai 8 malam, sedangkan untuk hari Minggu dan pada hari besar museum dibuka dari jam 10 pagi sampai 3 sore.
  • Setiap Senin tempat ini akan tutup dan juga setiap tanggal 1 Januari, 1 Mei, kemudian 24, 25, dan 31 Desember.
  • Pengunjung dikenakan EUR 3 atau sekitar 43 ribu sebagai biaya masuk umum.

5.Plaza de Espana

Plaza de Espana
Destinasi wisata ini tidak kalah terkenal dari obyek lainnya yang ada di Madrid. Daya tarik utama dari lokasi wisata besar nan luas ini adalah terdapatnya sebuah monumen yang didedikasikan untuk Miguel de Cervantes Saavedra. Dari plaza ini tidak jauh untuk menuju Palacio Real atau Royal Palace jika ingin sekalian berjalan-jalan ke sana. Miguel de Cervantes Saavedra sendiri adalah seorang sastrawan terkemuka di zamannya dan monumen tersebut didesain oleh dua arsitek terkenal Pedro Muguruza dan Rafael Martinez Zapatero berikut juga seorang pemahat bernama Lorenzo Coullaut Valera.
Sebagian besar bagian monumen tersebut pembangunannya sudah sedari tahun 1925-1930, jadi bisa dibilang monumen tersebut sudah sangat tua. Dimulai pada tahun tersebut, selesainya pembangunan diketahui ada di tahun 1956 dan 1957 yang dilakukan oleh anak lelaki dari sang pemahat, yakni Federico Coullaut-Valera Mendigutia. Diketahui bahwa Plaza de Espana ini juga merupakan nama sebuah stasiun Metro yang letaknya ada di sebelah timur plaza.
  • Plaza de Espana buka dari hari Senin hingga Kamis dengan jam operasional dari jam 9 pagi sampai 7 malam, sementara di hari Jumat buka dari jam 9 pagi sampai 3 sore saja.
  • Pengunjung tidak usah membayar untuk bisa menikmati obyek wisata satu ini.

6.Royal Palace atau Palacio Real

Royal Palace atau Palacio Real
Jika ingin melihat seperti apa istana yang ada di Spanyol, berkunjunglah ke Palacio Real ketika berkesempatan menginjakkan kaki di Madrid. Bila Inggris memiliki Istana Buckingham, maka Spanyol pada ibukotanya terdapat Royal Palace. Status dari istana ini memang official residence dan dikenal menjadi lokasi resmi tempat tinggal keluarga kerajaan, namun pada kenyataannya Palacio Real tidak digunakan rumah tinggal keluarga kerajaan Spanyol. Gedung Royal Palace memang masih aktif, tapi penggunaannya lebih ke lokasi acara-acara penting layaknya upacara dan resepsi kenegaraan.
Pengunjung akan terpuaskan dengan keindahan setiap bagian di kompleks Palacio Real ini, termasuk sejumlah taman dan halaman luasnya yang begitu cantik. Mungkin beberapa wisatawan bertanya-tanya, sebenarnya apa highlight dari tur yang memperbolehkan pengunjungnya untuk masuk ke dalam? Tangga besar, ruang tahta, koleksi pakaian zirah beserta bagian farmasi di dalam istana ini begitu menarik dan unik, bahkan Anda pun akan menemukan berbagai macam ramuan aneh di dalamnya.
  • Palacio Real memiliki dua jadwal operasional. Pertama adalah dari bulan Oktober hingga Maret yang beroperasi dari jam setengah 10 pagi sampai 5 sore di hari biasa, sedangkan di hari Minggu dan hari libur buka dari jam 9 pagi hingga 2 siang. Kedua adalah dari bulan April hingga September dengan jam buka dari 9 pagi sampai 6 petang di hari biasa, sementara untuk hari Minggu dan hari libur buka dari jam 9 pagi sampai 3 sore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar